ik
Kamis, 26 Maret 2015

Resep Bolu Kukus Keju Hemat dan Irit Bahan

Selamat pagi bunda, masih dengan resep bolu kukus keju hemat dan irit bahan karya bunda tuti frutty. Sebelumnya sudah pernah posting resep bolu ini kali ke 2.  Ini yang pertama saya posting hasilnya kurang ngembang tapi tidak bantat lebih lembut dan lumer dari yang sekarang, mungkin karena pengaruh keju.

Resep Bolu Kukus Keju Hemat dan Irit Bahan

Icip-icip bun pagi tadi habis subuhan langsung uprek-uprek dapur. Oh ya cream cheese bisa beli di tbk, swalayan atau supermarket bun merk kraft, kalau saya pakai merk philadelphia. Untuk olesan bisa menggunakan butter cream. Ini hasil buatan saya yang kedua, sempurna.

Resep Bolu Kukus Keju

Bahan: 
  • 1 butir telur
  • 4 sdm gula pasir
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 sdm susu bubuk
  • 3 sdm margarin (cairkan)
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1/2 sdt emulsifier atau sp atau tbm
  • 1/2 sdt vanili 
  • 2 sdm keju parut

Cara Membuat Bolu Kukus Keju

  1. Panaskan kukusan lalu bungkus tutupnya dengan kain, olesi loyang dengan margarin dan sisihkan.
  2. Kocok telur, gula dan sp dengan kecepatan tinggi hingga putih, kental dan mengembang. 
  3. Kurangi kecepatan mixer kemudian masukan ayakan terigu, susu bubuk, vanili, dan keju parut secara bergantian dengan margarin cair dan minyak, kocok sebentar lalu matikan mixer aduk kembali dengan spatula tuang kedalam loyang kukus dengan api sedang selama 25 menit atau sampai matang.
  4. Setelah dingin beri toping sesuai selera saya memakai cream cheese, keju parut, cherry, coklat serut, dan kacang almond.
Saya kasih 3 jenis bolu bun, buatnya hampir sama jadi tak perlu khawatir tidak bisa membuat. Bagi yang ingin klik saja link di bawah ini.






Ukuran loyang bisa pakai ukuran brownies atau loyang puding, ini saya pakai loyang foil kecil ukuran 12 x 2 1/2 cm jadi 2 loyang. Ini loyang foil yang saya pakai bun saya jadikan 2 loyang, bisa pakai loyang lebih besar memang hasilnya mungkin tidak bisa tinggi tapi bisa disiasati dengan topping lebih tebal.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Bolu Kukus Keju Hemat dan Irit Bahan