ik
Kamis, 30 Oktober 2014

Cara Membuat Bolu Koja Khas Bengkulu

Bolu koja spesial khas bengkulu. Bahannya seperti tertulis diresep. Tanpa pengawet dan pelembut. Bolu koja kesukaan keluarga saya juga mbak. Tujuan Ida Samsidah membagikan resep bolu koja adalah biar semua orang bisa mengeksekusi resep ini. Itung itung memperkenalkan makanan khas daerah. Saya suka sama para bunda yg mau belajar memasak demi menyenangkan anggota keluarga.
 

Bolu koja menggunakan agar-agar dan tidak memakai menurut yang pernah makan sih lebih enak yang pakai, dicoba aja. Bolu koja hampir sama dengan kue jeletot atau biasa disebut kue tumpang. Sebenarnya kuenya serupa tapi tak sama ya mbak. Resep yang saya share ini lebih enak disantap setelah dingin dalam kulkas mbak. Boleh direbus dulu biar awet. Tapi saya langsung saja karena setelah matang dan dingin saya simpan dikulkas.

Resep Bolu Koja

Baha
  • 2,5 gelas tepung terigu
  • 4 gelas santan dan daun pandan (1 butir kelapa parut blender dengan daun pandan)
  • 1,5 gelas gula pasir
  • 2 butir telur
  • 3 sendok makan margarin (cairkan)
  • 1 bungkus agar agar
  • 5 sendok makan sagu (peres)

Cara Membuat Bolu Koja

  1. Campur tepung terigu, sagu, agar agar bubuk.
  2. Kocok gula dan telur sampai rata. Masukkan campuran tepung sedikit sedikit selingi dengan air santan. Aduk rata sampai semua bahan tepung dan santan habis. Terakhir masukkan margarin cair.
  3. Tuang adonan dalam loyang yang sudah dioles margarin dan tabur tepung. Panggang dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan. Proses memanggang antara 1-1,5 jam dengan api sedang. Tes tusuk untuk memastikan kematangan kue.
Catatan:
  1. Adonan sedikit cair.
  2. Setelah bolu matang dinginkan baru dikeluarkan dari loyang, simpan dalam kulkas untuk lebih nikmat saat disantap.
Adonanya cukup dikocok sampai tercampur rata aja mbak, gak perlu sampai ngembang. Dalam membuat bolu koja saya pakai 10 lembar daun pandan yg kecil, masih kurang hijau tapi aromanya sudah dapat. Saya tambahi pasta buat menambah warna hijau. Pandan hanya dapat aromanya saja, untuk warna bisa pakai pewarna atau pasta. Sebenarnya dalam membuat bolu koja saya pakai bakingpan mbak. Tatakannya diberi abu gosok yg tebal ya biar kue gak mudah gosong.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Cara Membuat Bolu Koja Khas Bengkulu