ik
Senin, 06 Oktober 2014

Resep Cara Membuat Rendang Padang Asli

Kayaknya sekarang pada bikin "rendang padang" ya. Gini lo bunda setau saya yang berasal dari padang kalau rendang itu benar-benar kering. kalau yang masih basah itu dipanggil "Kalio" atau rendang setengah jadi. Rasanya juga berbeda dari rendang. Ini postingan saya beberapa bulan yang lalu di fb saya. Karena sekarang banyak yang post foto rendang saya juga ikutan share melalui buat resep. Maaf ya bunda saya cuma mau ngasih tau kalau rendang itu kering bukan yang masih berkuah. Salam penggorengan bunda cantik.

Resep Cara Membuat Rendang Padang Asli

Sebaiknya yang digunakan adalah santan asli. Jika santan kemasan tidak gurih/enak rasanya jauh beda, aku sudah coba dulu. Pakai 1 biji kelapa dan untuk santan cukup 3 biji kelapa. Dagingnya dimasukin setelah minyak santannya keluar. Kalau untuk makan sekeluarga tak apa gak pakai kelapa sangrai. Biasanya yang pakai kelapa sangrai itu restoran biar dadak/rempahnya bayak. Bunda mau menggunakan atau tidak juga gak apa. 

Nah perlu diperhatikan juga rendang itu sebenarnya bumbu sama kayak gulai. Tapi yang di lebihin kelapanya nanti setelah kering minyak kelapa itu lah yang menggoreng daging tersebut hingga gurih dan kering. Disana lah rahasia gurihnya rendang tidak ada rendang yang pakai gula. Semakin lama di sangai semakin gurih rendang padang. Kalau ada tungku kayu akan lebih memudahkan bunda. Tungku kayu akan lebih baik pakai api dari sabut kelapa atau kulit kelapa, bukan tempurung ya. Rasanya dijamin akan lebih nyos bunda

Warnanya tergantung kita lama menyagrai. Menggunakan cabe merah juga warnanya agak terang, jika cabe hijau yang pedas itu baru hitam kayak punya aku. Mari kita lihat cara membuat rendang ala bunda Buyungs. Oh ya datang lah jalan-jalan ke padang yang kaya akan kuliner bunda, ikutan promosi daerahku tercinta hihihi.

Resep Rendang

Bahan
  • 1 kg daging
  • kelapa 4 biji ukuran sedang (diambil patinya/santan kental)
  • bawang putih 4 siung
  • bawang merah 10 biji
  • serai 2 batang
  • jahe kurang lebih 2 cm
  • lengkuas kurleb 4 cm, geprek kasar
  • daun limau 2 helai
  • daun kunyit sehelai
  • cabe ikut selera
  • garam secukupnya

Cara Membuat Rendang

  1. Blander cabe, bawang putih dan jahe.
  2. Masukkan santan kelapa dalam kuali dan masukkan bumbu yang sudah diblander tadi. Masukkan pula daun kunyit, serai, lengkuas dan daun limau.
  3. Aduk santan biar gak pecah minyak, setelah minyak santan keluar masukkan daging. (api sebaiknya dalam keadaan kecil)
  4. Setelah agak mengering masukkan bawang merah yang sudah di iris dan aduk-aduk sekali-kali biar tidak gosong, aduknya gak usah keseringan bund nanti dagingnya hancur.
Rendang emang keras dagingnya bund tapi bukan kerasnya alot. Kerasnya daging rendang itu gurih dan tidak alot di gigit. Rendang ini aku juga masak di kompor jadinya juga ok tapi setelah dimasukin daging pakai api yang paling kecil. Adukaduknya cuma sekali-kali biar gak gosong aja sambil ngerendang kita juga bisa buat kerja lain. Gak harus full berdiri di dapur. Aku palingan nyangrainya 1 jam. Yang gak boleh di tinggal itu sebelum dimasukin dagingnya. Takut santannya pecah makanya harus diaduk .

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Rendang Padang Asli