ik
Sabtu, 08 November 2014

Cara Membuat Bolu Gulung Keju Lembut

Terlalu sering bikin bolu gulung keju karena suami sangat suka. Saya sering posting bolu gulung bun. Resep bolu gulung keju ala Bunda Kiana Khansa masih sama. Padahal saya ada berapa kali posting bolu gulung cuma beda penampilan saja. Tapi ok lah ini saya tulis lagi ya. Ini pakai loyang dengan ukuran 20x20. Hal yang perlu diperhatikan adalah saat menggulung baiknya nunggu sekitar 5 menitan baru di gulung. Karena ini selai tak apa gak nunggu sampai dingin. Beda lagi dengan yang dalamnya buter cream harus nunggu dingin. Terimakasih buat Bunda Kiana Khansa semoga dengan berbagi resep bolu gulung keju semakin dimudahkan segalanya.

Resep Bolu Gulung Keju


Bahan
  • Keju parut secukupnya
  • Selai nanas secukupnya
  • Terigu 50 gram (kurangi 1 sdm ganti dengan maizena)
  • 1 sdt susu bubuk
  • 4 sdt munjung mentega cairkan
  • Telur 3 butir
  • Sp 1 sdt
  • Vanili seujung sendok teh.
  • Gula pasir 50 gram

Cara Membuat Bolu Gulung Keju

  1. Mixer telur, sp, gula sampai mengembang dan putih. Masukan terigu, maizena, susu dan vanili sedikit demi sedikit.
  2. Matikan mixer masukan mentega cair aduk balik dengan spatula sampai rata.
  3. Beri warna sesuai selera.
  4. Masukan adonan dalam loyang yang sudah dialas kertas roti dan dioles mentega.
  5. Oven hingga matang.
  6. Jika sudah matang keluarkan dari oven. Hilangkan uap panas sebentar saja.
  7. Beri selai nanas kemudian gulung. Ikat ujungnya seperti permen agar gulungan kuat. Jika bolu sudah agak dngin lepaskan ikatan oles dengan mentega balut dengan keju parut.
Tampilan Kulit Bolu Gulung
Kadang saat membuat bolu gulung keju kulitnya akan terlepas. Itu karena kurang kering permukaanya. Sampai permukaan berwarna coklat seperti ini, terlihat sudah kering. Kalau pakai oven listrik sesudah cakenya matang api bawah dimatikan pakai api atas saja bunda. Jika menggunakan oven kompor kalau cakenya sudah matang pindah ke rak atas untuk mengeringkan permukaanya.

Memang gampang-gampang susah bikin bolu gulung keju. Jika sudah terlanjur mengelupas diakalin saja. Caranya sesudah bolu digulung oles semua dengan selai blubery atau strawbery terus dibalurin kelapa kering siap pakai. Mlah jadinya unik terus rasanya ada gurih gurihnya karena ada kelapa keringya.

Soal mixer adonan bolu gulung keju saya tidak mematok waktu. Asal sudah kental berjejak bisa juga pake cara ini. Semua bahan di mixer jadi satu kecuali mentega sampai mengembang dan putih, baru mentega cair masuk. Nanti hasil kuenya lebih halus porinya.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Cara Membuat Bolu Gulung Keju Lembut