ik
Kamis, 06 November 2014

Cara Membuat Bolu Mekar Tidak Amis

Hallo bunda semuanya assalamualaikum, saya (Susanti Sujoni) mau share sedikit ya tentang bolu mekar. Tentunya bunda dan mb semua sudah pernah buat bolu mekar ini. Pernahkah bunda kalo buat bolu ini setelahnya atau besoknya bolunya menjadi keras? atau saat exsekusi hasilnya tuh terasa amis. Bolunya agak sedikit padat ,berat seperti itu? Walaupun terlihat mekar dan bagus dengan warna warni yang cantik.
 

Bun jujur saya sebenarnya kurang suka sama bolu mekar tapi suka bikinya. Apalagi saat mengukus tau bolu mekar mengembang dengan indahnya wihh sesuatu banget. Hati tuh terasa sennaaaang sekali. Betul ya? bun saya galau pengen banget buat bolu ini gimana caranya biar gak amis, lebih ringan, tahan lama dan tetap lemas serta lembut walau sudah lewat sehari atau mungkin bisa 2 hari?.

Mungkin resep ini bisa menjadi pilihan bunda, dan mungkin diantara bunda2 sudah ada yang tau mohon masukanya. Kita sama2 belajar ya bun karena saya juga masih harus banyak belajar. Banyak sekali bahan2 kue yang belum saya kenal seperti butter liquid, essens butter/flavour, toffieco dll.
 
Saya buta bngt tapi alhamdullah saya dikasih info dari pak Donny Adi Wiguna seorang dosen food science [duh mf pak kalo penyebutanya salah]. Terimakasih pak atas ilmunya terutama dalam hal membuat bolu mekar. Berikut resep bolkus mekar tidak amis ,ringan dan lemas moist. Insyaalah tahan lama, saya copas resep dari bunda Khoir bunda Nizam. Hanya saja ada yang dikurangi dan ditambahkan sedikit. Cara buat bolu mekarnya sama seperti bunda buat.

Resep Bolu Mekar

bahan
  • 250 gr tepung terigu
  • 200 gr gula pasir yg putih, pakai merk gulaku yang warna putih
  • 2 btr telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt sp
  • 150 ml air biasa
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm butter liquid

Cara Membuat Bolu Mekar

  1. Panaskan dandang klakat.
  2. Campur semua bahan kecuali butter liquid.
  3. Mix 10 menit dengan mixer kecepatan tinggi.
  4. Setelah selesai mix masukan butter aduk rata.
  5. Bunda bisa siapkan pasta warna atau sedikit coklat bubuk.
  6. Ambil sedikit adonan beri warna terserah bunda suka atau campur sedikit adonan dengan coklat bubuk.
  7. Masukan adonan putih ke cetakan bolu kukus yang sudah diberi kertas cup, tuang atasnya dengan sedikit adonan warna.
  8. Kukus 15-20 menit sampai matang/mekar.
  9. Setelah matang bau amis memang masih terasa tapi nanti lama2 hilang berganti jadi harum butter, tekstur lebih ringan, rasapun lebih enak.
catatan: isi penuh cup dengan adonan bolu mekar. Gunakan mixer yang kuat karena adonanya sangat kental sekali.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Cara Membuat Bolu Mekar Tidak Amis