ik
Senin, 10 November 2014

Cara Membuat Fried Chicken Crispy dan Keriting

Waduh bukan niat sombong bu ibu dengan menampilkan Cara Membuat Fried Chicken Crispy dan Keriting ala Adistianing Tyas. Kebetulan saya tadi bangun jam 3 pagi waktu makkah, sambil ngeteh mata masih lengket. Iseng aja posting karena setengah ngantuk juga memang resepnya saya sih asal aja. Yang penting itu di tehniknya. . Baiklah karena animonya tinggi, saya tuliskan cara-cara detilnya membuat fried chichen. Pas untuk yang pengen latbar selagi umroh. Boleh banget mampir ke rumah bikin bareng-bareng biar jelas, disini saya tidak langganan koran jadi saya pakai absorbent paper buat niris.
  1. Bahan boleh ayam, udang, ikan. Tidak disarankan untuk tahu tempe karena tekstur permukaannya yang tidak memungkinkan untuk dibikin keriting. Untuk ayam bertulang saya rendam semalam. Tidak juga disarankan untuk membuat dari ayam ungkep matang, karena hasilnya kurang keriting.
  2. Rendam bahan di air bumbu/brine, dengan bumbu rendaman menurut selera masing-masing.
  3. Siapkan minyak di dalam panci atau deep fryer, nyalakan api sedang saja. Penggunaan panci dimaksudkan agar ayam terendam sempurna, usahakan panci yang tebal agar hasil maksimal dan ayam matang sampai ke dalam.
  4. Siapkan tepung terigu (boleh merk apa aja) sebanyak 1 kg, bumbuin dengan rempah-rempah menurut selera, bisa lada, lada hitam , cabe bubuk, garlic powder, oregano dll.
  5. Siapkan mangkok besar berisi air biasa dengan suhu ruang.
  6. Mulai membalut : ambil kira-kira 3-4 potong ayam, masukkan ke dalam tepung, aduk-aduk ringan tanpa diremas selama 3-4 menit, angkat dan kibaskan satu persatu ayam-ayam tersebut, celupkan di air, lalu masukkan lagi ke dalam tepung, aduk-aduk lagi tanpa diremas selama 5 menit atau lebih lama. Nanti akan keliatan keritingnya, kalau dirasa sudah cukup, angkat satu biji, kibas2kan agar tepung yang berlebih tidak mengotori minyak. Mengibaskan potongan ayam ini juga berfungsi untuk membuat lapisan tepung lebih keriting.
  7. Goreng dalam minyak banyak terendam. Ingat jangan pelit minyak jika mau hasilnya benar-benar keriting, untuk hasil maksimal gunakan deep fryer atau panci biasa yang tebal.
  8. Hal yang perlu diingat, ayam2 yang sudah dilapis tidak boleh mengantri untuk digoreng, begitu diangkat dari tepung, harus langsung digoreng. Kalau nunggu tepungnya akan lengket lagi satu sama lain dan tidak keriting atau crispy.
  9. Sekali lagi ya ingat TANPA DIREMAS. Meremas lapisan tepung justru akan membuat tepungnya jadi keras dan tidak keriting. Dibolak balik saja dengan dua tangan.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Fried Chicken Crispy dan Keriting