ik
Senin, 10 November 2014

Cara Membuat Kulit Pastel Renyah Isi Wortel dan Kentang

Gelar lapak pagi2 ,insyaallah dagangan habis. Jangan takut kalau dagangan gak habis, pasti habis kalau sampai siang, sabar saja. Resep pastel bisa jadi berapa tergantung ukuranya. Jika ukuran sedang bisa 25 - 30an. Ukuran agak kecil kurleb 60-65. Mudah-mudahan gak salah hitung karena sudah dimakan anak2 juga. Kalau jajanan gorengan gini udah empuk walau tanpa telur kecuali jajanan yang garing2 harus pake telur biar empuk gak keras.


Untuk isi pastel bisa wortel + kentang atau bihun ditambah sedikit parutan wortel lalu tinggal di potong2. Jika yang bihun direndam dulu atau di seduh air panas bihunya. Bumbu sama  contohnya bawang merah, b putih iris tumis kasih masako ayam saja gak usah kasih garam.

Resep Kulit Pastel

Bahan
  • 500 gr terigu
  • 50 gr mentega
  • 1 sdt bp
  • 2 sdm garam
  • 200 ml air

Cara Membuat Kulit Pastel

  1. Garam campur dengan air, larutkan.
  2. Terigu, bp, mentega aduk jd satu sambil tuangi air garam sedikit2, uleni , gak perlu kalis yg penting sudah bisa dibentuk, siap giling.
  3. Bentuk melebar lalu beri isi kemudian bentuk pastel.
  4. Goreng dengan api sedang, tunggu minyak panas dulu baru goreng. Agar pastel renyah ada ditehnik menggorengnya.
Tehnik menggorengnya tunggu minyaknya panas dulu tapi gak kepanasan juga baru masukan pastelnya. Segera di bulak balik satu persatu ya bulak baliknya, hingga ada timbul jerawat dikulit pastel. Terus di balik-bliknya sampai matang. Umpama minyaknya terlalu panas warna pastel gak merata. Jika minyaknya kurang panas kulit pastel menjadi mulus. Yang terakhir ini pastel gak bisa renyah awat cenderung alot.

Selain itu juga pemakaian garam harus dilarutkan bersama air yang untuk mengadon. Gunanya agar rasa garam bisa merata. Bisa juga bantu tugas bp agar terasa renyah dan gurih dikulit pastel. Kemudian untuk mengadon jangan terlalu kalis dan adonan jangan lembek. Ini perhatian! Jangan lembek!

Kalau terjadi lembek pastel akan menggelembung dan sobek bin lengket. Saat goreng akan pecah amburadul pletas pletus isinya bubar. Nah kalau adonannya bagus dia gak lengket bisa frozen juga bun taruh kulkas tanpa harus digoreng.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Kulit Pastel Renyah Isi Wortel dan Kentang