ik
Minggu, 02 November 2014

Resep Daun Singkong Tumbuk Masak Santan

Sudah bertahun tahun bun gak masak daun singkong tumbuk santan. Enak banget rasanya bikin kangen kampung halaman jadi terobati. Tapi kangen juga ma family dikampung. Masakan orang kampung tapi maknyus. Ini adalah resep daun singkong tumbuk masak santan. Resepnya simple aja tapi maknyus. Pakai bumbu gulai juga bisa bun lebih nyus. Terus ikaan asinnya gak digoreng bun saya terus potong masuk aja langsung.

Jadi daunnya beneran di tumbuk. Saya pakai lesung tumbuk bumbu agar lebih mudah. Yang saya pakai adalah daun dari ubi singkong dan bukan ubi jalar. Kalau ubi yang menjalar itu namanya daun ubi jalar. Kalau ini ubi kayu atau singkong yang biasanya dibuat tape. Tolong diperhatikan betul nanti malah salah buat. Untuk selengkapnya lihat resep daun singkong tumbuk masak santan ala Maria.

Resep Daun Singkong Tumbuk Masak Santan

Bahan:
  • Daun singkong
  • Ikan asin tanpa tulang/ikan teri/udang juga bisa
Bumbu:
  • Bawang merah
  • bawang putih
  • kunyit
  • Daun salam
  • Cabe

Cara Membuat Daun Singkong Tumbuk Masak Santan

  1. Bersihkan daun ubi seperti biasa ambil yang muda seperlunya.
  2. Lalu ditumbuk sampai halus, saya menumbuknya memakai batu lesung bumbu.
  3. Kemudian haluskan bumbu kecuali daun salam.
  4. Panaskn sedikit minyak masak untuk menumis bumbu hingga wangi dan tambah sedikit air dan masukkan ikan asin yang telah dipotong aduk sebentar. Lanjutkan dengan memasukkan daun singkong tumbuk aduk lagi dan tambah air sesuai selera biarkan mendidih baru masukkan santan kara juga sesuai selera, garam dan mecin sesuai rasa.
  5. Siap deh. Oh ya masukkan daun salam untuk menambah aroma.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Daun Singkong Tumbuk Masak Santan