ik
Selasa, 04 November 2014

Resep Tahu Bakso Goreng Isi Daging dan Sayuran

Kudapan ringan berbahan tahu, pokoknya sederhana dan sehat. Cocok untuk disantap di sore gerimis bersama keluarga. Dalam membuat tahu bakso yang saya pakai adalah tahu putih biasa. Sekedar tips setiap membeli tahu di pasar, setiba di rumah selalu saya kukus, tiriskan baru disimpan di kulkas. Jadi tahu selalu kesat tidak berbau dan teksturnya lebih kenyal. Yang saya goreng itu juga tahu putih, tahu bakso kelihatan cokelat karena efek saya celup ke kocokan telur lalu digoreng.

Resep TahuBakso

Bahan
  • 10 biji tahu putih dipotong serong jadi 2, keruk isinya sedikit dan lumatkan (untuk dicampur dg ayam/sapi/udang cincang)
  • 2 ons ayam / daging sapi / udang cincang, sesuai selera
  • 1 buah wortel potong dadu kecil, jika suka bisa ditambahkan brokoli atau buncis. Ini siasat saya menyelipkan sayuran untuk anak-anak.
  • Sedikit tepung kanji untuk campuran ayam/daging sapi agar lengket (untuk setiap 2 ons daging saya pakai 1 sdm tepung)
  • Bawang putih, merica dan garam, haluskan untuk bumbu isiannya.
  • 1 btr telur

Cara Membuat Tahu Bakso

  1. Campur kerukan tahu dengan ayam/sapi/udang cincang, bumbu yang sudah dihaluskan, sayuran dan telur, aduk rata.
  2. Isikan ke dalam potongan tahu.
  3. Larutkan 1 sdm tepung maizena dengan sedikit air.
  4. Celup tahu yang sudah diisi ke dalam larutam maizena, kukus selama kurang lebih 20 menit, tiriskan.
  5. Jika suka digoreng tinggal digoreng.
  6. Yang suka dibumbu kacang seperti siomay tinggal bikin bumbu kacang, dikecapi tambahkan jeruk limau.
  7. Yang suka dikuah tinggal bikin kuah, bumbu kuah sepertt biasa : air kaldu, garam, merica, penyedap (bagi yg biasa pakai, kalau saya pakai sedikit gula pasir) lalu taburi irisan daun bawang dan bawang merah goreng.
Saya belum pernah coba tepung terigu untuk celupan. Tetapi sifat tepung terigu tidak sekuat tepung kanji atau maizena sebagai perekat. Sebaiknya gunakan sesuai resep saja. Celupan menggunakan maizena itu nggak wajib, hanya supaya isiannya ketika dikukus bisa nempel dan tidak lepas dari tahu intinya. Pakai larutan kanji atau kocokan telur juga gpp bund.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Tahu Bakso Goreng Isi Daging dan Sayuran