ik
Jumat, 23 Januari 2015

Resep Cara Membuat Mie Pelangi Bumbu Mie Ayam

Dulu saya jualan mie pelangi tapi sekarang sudah tidak. Masak mienya seperti mie ayam biasa tapi kalau bisa airnya sampai mendidih sekali dan masaknya jangan terlalu lama cukup 3 menit saja karena akan mempengaruhi tekstur mie dan warnanya. Mungkin saja ada ibu-ibu disini tertarik dan ingin mencoba saya share resep mie pelangi ala anes pusparini di bawah ya.

Resep Cara Membuat Mie Pelangi Bumbu Mie Ayam

Resep Mie Pelangi

Bahan kering
  • 1/4 tepung berprotein tinggi (cakra kembar)
  • 1 sdm garam
  • tepung tapioka (untuk taburan ketika menggiling)
Bahan basah
  • 1 butir telur
  • 60 gram sawi hijau/buah bit/ wortel (blender untuk mengambil sari-sarinya) lalu sisihkan
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 gelas air untuk memblender

Cara Membuat Mie Pelangi

  1. Campur bahan kering jadi satu aduk sampai rata lalu sisihkan
  2. Campur telur dan minyak sayur didalam gelas ukur lalu campur sari sayuran yang sudah diblender menggunakan garpu untuk mengambil sari dan ampasnya hingga 250 ml. Lalu kocok menggunakan garpu hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan bahan kering dengan bahan basah sedikit-sedikit sambil diuleni dengan tangan. Uleni hingga tepung mulai berubah warna menjadi hijau/merah/kuning (tapi jangan sampai terlalu basah ya bun mencampurnya takutnya lengket di penggilingan dan juga jangan terlalu kering nanti susah untuk di giling kalau saya pakai metode feeling hehehe).
  4. Setelah tercampur lalu giling sambil menaburkan tepung tapioka setiap selesai mengiling, kalau bahannya pas tidak kering atau kebasahan biasanya saya hanya menggiling sampai 4x5. Terakhir potong adonan menjadi mie.

Tips Bikin Mie Pelangi, Kalau mau mienya kenyal dan tidak putus buntik bisa tambahkan putih telurnya ya dibahan basahnya.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Mie Pelangi Bumbu Mie Ayam