ik
Jumat, 06 Februari 2015

Resep Cara Membuat Sosis Solo

Iseng-iseng bikin sosis solo bund, kangen sama kampung halaman kalau lagi ada hajatan pasti ada yang satu ini. Lumayan, tepung 1/4 telur 3 jadi 22 biji, itupun gede-gede. Sosis solo by momy kids bisa juga di goreng, minyaknya banyak bund, tapi nggak nyerap kok, setelah matang dikasih alas aja bund biar minyaknya meresap di alasnya.


Bunda-bunda mungkin untuk nama beda daerah beda-beda ya, tapi di daerah saya itu namanya sosis. Saya Kalijambe bund (perbatasan Solo, Boyolali, Sragen, Karanganyar) hehe. Beda orang ngasih namanya juga beda-beda.  Untuk isi sesuai selera, di solo ada 2 macam sosis, sosis basah sama sosis goreng, yang punya saya ini sosis goreng, kalau yang basah kulitnya dari bahan telur dan air, isiannya bisa ayam dan jamur atau daging, setelah itu di kukus, makanya namanya sosis basah.


Seperti ini bund kulitnya kalau sudah matang langsung tuang saja nggak perlu pakai serokan.

Resep Membuat Sosis Solo

Resep kulit :
  • telur 1/4 (tapp saya pakai 3)
  • terigu 1/4
  • bawang putih
  • bawang merah
  • merica
  • masako
  • minyak goreng
  • air secukupnya

Cara Membuat Sosis Solo

  1. Bumbu di haluskan dulu.
  2. Mix telur kecepatan paling rendah, campurkan terigu sedikit demi sedikit.
  3. Masukkan bumbu yang sudah halus tadi (sambil di mix juga biar rata).
  4. Masukkan air sedikit demi sedikit, untuk air di kira-kira ya bund, kenapa di tambahin air biar pas di bikin adonan bisa tipis.
  5. (Cicipi apa sudah pas rasanya, jika blm pas boleh tambah garam atau sesuai selera), trus masukkan minyak goreng, minyak gorengnya cukup 3 sendok aja untuk resep ini (fungsi minyak goreng biar nggak lengket meskipun pakai teflon).
  6. Panaskan teflon, beri sedikit blueband atau minyak goreng, jika sudah panas sisihkan minyak goreng atau bluebandnya. Ambil 1 sendok sayur tuang di teflon yang sudah panas sambil di putar-putar teflonnya biar adonan rata diseluruh permukaan teflon, pas nuang adonan teflon posisi jangan di atas kompor bund, kita pegang aja ya.
  7. Setelah permukaan teflon rata taruh di atas kompor jika kita goyang-goyang sudah nglupas langsung tuang ke wadah kulitnya ini.

Tips

  1. Resep isi sesuai selera bund, kemarin saya pakai wortel, daun bawang dan seledri.
  2. Cuci semua bahan, iris kecil-kecil, lalu tumis, masukkan masako, bisa juga pakai bumbu yang di uleg bund (bawang putih, merah, garam, sedikit penyedap, sedikit merica).
  3. Kulit isi dengan isian tadi bund, trus goreng, di pinggir lipatan bisa di kasih terigu yang di tambah sedikit air (fungsinya buat perekat biar pas di goreng nggak bubar), tp saya nggk pakai perekat itu bund.

Maaf ya bund belepotan nulisnya. Tapi syukur dech kalau resepnya mudah di mengerti biar lebih gampang prakteknya.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Sosis Solo