ik
Senin, 22 Juni 2015

Cara Membuat Permen Jelly

Permen jelly yang sempet bikin bingung bunda-bunda disini banyak yang bilang tidak keluar gulanya, tidak bisa kering, jadi mengecil, dan lain-lain. Alhamdulillah hasilku selalu bagus dan memuaskan kalau tahan berapa lama belum tahu karena tiap bikin selalu cepat habis. Karena kering banget mungkin 2 bulan masih bisa bunda asal tertutup rapat. Mohon maaf baru saya tuilis, soalnya habis nidurin si kecil.
Permen Jelly
Adonannya nanti seperti dodol jadi kental banget. Kalau tidak kental pas kering mengkerut bunda, jadinya nggak bagus dan kadang menempel di plastik waktu menjemur. Motongnya pakai pisau yang buat bikin acar buat motong ketimun dan wortel. Ini pisau yang buat motong.

Pisau Untuk Memotong Sekaligus Membentuk
Cara membuat permen jelly aku nggak pakai gelatin karena anakku ikut makan apalagi yang kecil masih balita. Waktu jemur tidak pakai tambahan gula, tapi memang lama 4 hari baru bisa maksimal keluar putih-putih serbuknya. Kalau permen mengecil atau mengkerut itu karena kebanyakan airnya dan usahakan kalau motong jangan terlalu tipis, lebih bagus hasilnya kalau bentuk persegi.

Resep Permen Jelly

Bahan:
  • 4 bungkus agar-agar plain
  • 800 gram gula pasir
  • 500 ml air

Cara Membuat Permen Jelly

  1. Semuanya dicampur, diaduk-aduk di atas kompor sampai mendidih.
  2. Kemudian dituang di loyang, ini agak susah ketuang semua karena sangat kental dan nempel di dinding panci.
  3. Jadi di bersihkan pakai plastik yang buat membersihkan cobek (aku nyebutnya pirit).
  4. Tunggu sampai uapnya hilang baru masukkan kulkas (aku semalem karena bikinnya sore).
  5. Kalau dipegang sudah tidak menempel baru dipotong-potong sesuai selera.
  6. Lalu jemur 2-3 hari sudah kering.
  7. Jangan lupa sering-sering dilihat karena suka saling nempel, jadi dipisahin biar hasilnya bagus.
  8. Kalau jemur pakai tampah yang dialasi plastik es batu yang lebar ditaruh diatas kursi.
  9. Di kaki kursi aku olesi soffel biar tidak dikerubutin semut.
Coba juga :

Oh ya pewarnanya ditambahin pas waktu masih direbus jadi pewarnanya biar ikutan matang. Pas uapnya sudah hilang saya tambahkan essen biar lebih wangi. Hijau rasa melon, merah rasa doger, kuning rasa kopyor. Jadi ada aroma dan rasa waktu dimakan. Habis kasih essens baru masuk loyang. Selamat mencoba cara membuat permen jelly ala chie waluyo.

Tips Membuat Permen Jelly dengan Cepat

  1. Ini ada tips membuat jelly dari ropikoh marzuki yang sangat cukup mudah. Hanya butuh waktu 2 jam saja permen jelly sudah siap disantap. Gagal membuat permen jelly belajar dari sebuah kegagalan aku tahu solusinya:
  2. Saat adonan mendidih kecilkan api terus aduk-aduk dan aduk sampai benar-benar kental meletup-letup.
  3. Proses pengeringan makan waktu berhari-hari? Tidak ! caranya setelah jelly dipotong potong sesuai selera, lalu keringkan dengan bantuan hayr dryer (pengering rambut) hanya 1 jam jelly sudah mengkristal (gula-gulanya keluar) kalau merasa belum kering tambah lagi waktunya. Ini hasil jellyku bunsay.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Permen Jelly