ik
Sabtu, 15 Agustus 2015

Resep Sop Buntut Sapi Kuah Segar

Resep sop buntut sapi campuran sana sini, jadilah ala diana nurarif kuahnya segar banget. Saya dulu begitu kalau bikin tapi pas makan dimana kuahnya ada hitam-hitamnya penasaran search google nah ada resep yang pakai bawang putih merah bakar ini, ada juga yang pakai cengkeh. Alhasil saya campur semua dan keluarga suka wangi banget bun jadi setiap bikin begini deh. Saya gabung-gabung resep bun, karena beberapa resep di google ada yang pakai ada yang enggak bahan-bahan dibawah, nah ini saya pakai semua. Jadilah cara membuat sop buntut yang seperti ini.
Resep Sop Buntut Sapi Kuah Segar

Resep Sop Buntut

Bahan:
  • 1/2 kg buntut sapi, cuci bersih
  • air (secukupnya) saya didihkan masukan buntut saya buang busa-busa yang ada di panci, masak sampai agak empuk
Bahan lain:
  • 1 batang seledry (simpulkan)
  • 5 butir cengkeh
  • 1 batang kayumanis
  • 2 siung bawang putih memarkan
  • 2 butir bunga lawang
  • lada bubuk, garam, gula secukupnya
Bumbu halus :
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • masih berkulit, cuci bersih, bakar sampai kulitnya hitam, buang kulitnya, haluskan

Cara Membuat Sop Buntut

  1. Masukan semua bahan diatas kedalam rebusan daging.
  2. Masak hingga daging empuk, jika air berkurang tambahkan air masak lagi hingga matang.
Bahan tambahan:
  • wortel
  • kentang
  • (dipotong-potong rebus di tempat terpisah, masukan ke dalam sop sesaat sop akan diangkat)
  • emping
  • jeruk nipis
Untuk taburan:
  • seledry iris
  • bawang putih goreng
Rasanya nggak kalah enak lho bun sama yang dijual di resto.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Sop Buntut Sapi Kuah Segar