ik
Selasa, 06 Oktober 2015

Resep Cara Membuat Brownies Kukus Ubi Ungu

Dari dulu nggak suka makan ubi yang cuma dikukus atau digoreng akhirnya kepikiran dibuat cake ternyata hmm lahap. Istri saya yang empunya resep brownies kukus ubi ungu ala budi martono. Kemarin saya makan mantab legitnya apalagi ini bahannya pakai coklat dan keju. Saya baru nyoba masak kue dari 2 minggu yang lalu entah kesamber petir entah apa kok jadi bisa. Alhasil nggak ada yang bantat saya juga heran. Kalau difikir-fikir saya yang baru buat kue sekali langsung berhasil apalagi yang sudah terbiasa dan pakai resep ini pasti hasilnya lebih bagus.

 Resep Cara Membuat Brownies Kukus Ubi Ungu

Resep Brownies Kukus Ubi Ungu

Bahan:
  • 4 btr telor ayam
  • 3/4 gelas tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
  • 1 gelas ubi ungu (dikukus dan dilumatkan)
  • ¾ gula pasir
  • 1 sdt SP
  • ½ sdt baking powder
  • 1 bks Vanili
  • 3 sdm margarine (saya pakai blueband) dilelehkan
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 3 sdm coklat blok yang telah dicairkan
  • 1 sdt pasta ungu

Cara Membuat Brownies Kukus Ubi Ungu

  1. Tuangkan telur, gula pasir, sp, vanili, baking powder ke dalam wadah kering kocok sampai mengembang dan kaku.
  2. Masukan sedikit demi sedikit terigu, margarine, ubi sambil di kocok dengan kekuatan rendah.
  3. Bagi adonan menjadi 2 sama rata dalam 2 wadah (1 wadah beri pasta ungu, 1 wadah beri coklat bubuk dan coklat leleh).
  4. Masukan kedalam loyang yang sudah dioles margarine tuang adonan ungu kemudian masukan kedalam kukusan yang sudah panas selama 10 menit.
  5. Kemudian masukan lagi adonan coklat diatas adonan pertama lalu kukus kurang lebih 20 menit atau sampai matang.

Tips Bikin Brownies Kukus Ubi Ungu

  1. Ketika kita mau mixer telur pastikan wadah kering (penyebab bantat adalah wadah yang kurang kering).
  2. Jangan mengaduk adonan terlalu kuat, karena akan mengeluarkan udara dalam adonan.
  3. Ketika akan mengukus pastikan kukusan sudah panas.
  4. Tusuk dengan garpu atau lidi untuk memastikan apakah kue sudah matang atau belum (apabila adonan masih lengket di garpu maka masih belum matang).
Mau brownies yang lain? Cobain yang ini:
 
 

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Brownies Kukus Ubi Ungu