ik
Rabu, 04 November 2015

Cara Membuat Rainbow Gulung dan Tips Menggulung Tidak Pecah

Pertama kali bagi resep rainbow gulung lembut banget bolunya bun dan enak. Apa lagi saya nggak pakai pewarna aku pakai pasta jadi ada tambahan rasanya. Saya juga banyak nyimpan resep rainbow roll. Cuman ini resep saya yang uji cobakan sendiri bunda alhamdulillah berhasil. Hari itu memang saya nggak ada santan bunda. Makanya aku pakai susu kental manis tapi kalau nggak mau penasaran mending resepnya diuji cobakan semua trus seleksi deh resep mana yang paling oke menurut bunda. Kemarin coba pakai loyang 19 x 19 cm jadinya 25 bun. Karena saya 2 kali bikin yang pertama pakai loyang 18 x 18 cm nggak aku hitung karena ketebalannya yang nggak ssma trus yang kedua pakai loyang 19 x 19 cm jadinya 25 potong.

Cara Membuat Rainbow Gulung dan Tips Menggulung Tidak Pecah

Butter cream bikin sendiri bun kebetulan sering terima pesanan kue tart jadi selalu ada stok. Resep butter crimku 2 kg mentega putih kocok sampai mengembang trus gula pasir 1 liter dan air 750 ml dilarutkan tunggu sampai dingin. Trus campurkan dengan mentga putih kocok kembali lalu tambahkan esens rasa pisang 1 botol. Saya nggak pakai susu cair bun. Pengalamanku kalau pakai susu cair kadang butter cream nggak bisa disimpan lama. Kayak bau basi jadinya bunda ini jadinya 1 termos bunda banyak banget jadinya.

Resep Rainbow Gulung

Bahan:
  • 4 butir telur (jika ditimbang 300 gr)
  • terigu 135 gr
  • Gula 150 gr
  • Susu bubuk 10 gr
  • Susu kental Manis 2 Sendok Makan
  • Minyak 110 ml 
  • Baking Powder 1/2 sendok teh
  • S atau Tbm (pelembut kue) 1/2 sdt
  • Pewarna Makanan (saya pakai pasta kopi, pandan dan es doger tapi kalau pakai pewarna makanan bisa juga kok)
  • Buter cream atau selai
  • satukan bahan kering dan diayak dulu (terigu, susu bubuk dan baking powder)

Cara Membuat Rainbow Gulung

  1. Mixer telur, gula dan sp hingga mengembang.
  2. Setelah itu masukan bahan keringnya (mixer sebentar saja ya dengan speed rendah).
  3. Setelah tercampur masukan minyak dan susu kental manis aduk menggunakan spatula.
  4. (Jangan terlalu lama diaduk tapi perhatikan jangan sampai ada yang mengendap bahan cairnya).
  5. Setelah tercampur rata.
  6. Bagi adonan menjadi 4 dan masing-masing beri pewarna atau pasta.
  7. Siapkan kukusan yang sudah panas.
  8. Jangan lupa alasi serbet gunakan api sedang.
  9. Dan siapkan loyang ukuran 18 x 18 cuma yang diolesi minyak kemudian lapisi kertas (saya pakai kertas minyak atau nggak ada kertas roti soalnya).
  10. Kemudian olesi lagi dengan minyak ya.
  11. Kemudian kukus urutan warnanya mulai dari warna coklat, pink (pasta doger), putih (tanpa pasta) dan hijau (pandan).
  12. Kukus masing-masing 5 menit.
  13. Khusus warna terakhir kukus 10 sampai 15 menit setelah matang.
  14. Diamkan sesaat kemudian keluarkan dari loyang.
  15. Bayarkan uapnya agak hilang habis itu potong tipis ya sekitar 1/2 cm.
  16. Saya kemarin pakai penggaris besi motongnya pisaunya pakai pisau yang tipis atau pisau cutter.
  17. Setelah adonan habis dipotong oles dengan menggunakan buter cream atau selai.
Coba juga:
 

Tips Menggulung Rainbow

Tips menggulung ala dewi pratiwi agar tidak patah menurut pengalaman saya kemarin cake harus dipotong tipis trus pas digulung jangan terlalu dipadatkan kayak bikin bolu gulung mudah-mudahan resepnya dimengerti ya. Jika ada yang mau nyatat silhkan ya. Maaf jika slow respon jika ada yang ditanyakan ya ini hari minggu mau beres-beres dulu sista. Selamat mencoba Cara Membuat Rainbow Gulung dan Tips Menggulung Tidak Pecah saya doakan berhasil.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Rainbow Gulung dan Tips Menggulung Tidak Pecah