ik
Selasa, 05 April 2016

Cara Membuat Bakso Ayam Bisa Diganti Sapi

Siapa disini yang suka makan bakso ayam bisa diganti daging sapi by arista dewi. Kalau di kunyah mendal kenyal dan luar biasa. Jujur saya suka dan saya eksekusi karena orang rumahpun suka. Mama saya bilang mantap ini kenyal, senang banget. Penampakan bakso dan yang di iris mulus berpori. Bismillah semoga resepnya berkah.


Ada yang tanya plus curhat sama saya di bilang bisa buat bulat bulat rapi gitu gimana sich bun? Soalnya saya sering buat bakso blepotan tidak rapi bulatannya. Caranya mudah saja ambil 1 sdm adonan kepal di tangan 4 sampai 5x langsung di rapatkan lalu sendokin deh.


Resep Bakso Ayam

Bahan
  • 650 gram daging ayam (saya dari 1 kilo gram ayam buang tulang total 650 gram) cuci bersih, potong dadu lalu masukkan ke freezer 1 jam 30 menit.
  • 1 sdm masako sapi
  • 1 1/4 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt peres banget baking soda
  • 1 sachet agar-agar plain saya pakai sari agar-agar sebanyak 7 gram
  • 6 siung bawang putih ukuran sedang
  • 1/2 sdt bawang merah goreng yang sudah di tumbuk halus
  • 50 gr terigu
  • 75 gr tapioka/kanji/aci
  • 3 sampai 4 putih telur

Cara Membuat Bakso Ayam

  1. Campur semua bahan tepung, baking soda dan agar-agar bubuk, aduk rata.
  2. Masukkan ke penggiling (food processor) bumbu halus dan bumbu kering kemudian masukkan ayam.
  3. Giling semua hingga halus lembut. Tidak bergerindil. Pastikan gilingan ayam benar-benar halus dan lembut. Dan 1 lagi jangan di campur es batu atau air es. Pindah ke wadah.
  4. Masukkan campuran tepung ke daging tadi aduk dengan tangan sambil di masukkan putih telur 1 per satu hingga rata tak ada tepung bergerindil.
  5. Panaskan air sekitar 2 liter hingga suhu 70-80°C atau di dasar panci ada bulatan-bulatan kecil yang menempel di dasar, usahakan jangan mendidih ya.
  6. Cetak adonan bakso dengan tangan lalu di ambil dengan sendok. Ingat bun jangan mendidih biarkan bakso mengapung sendiri.

Bisa pula diganti ikan tengiri asal intinya harus yang benar-benar segar dan menggilingnya harus benar-benar halus tidak ada bergerindil atau kasar-kasar daging ikan. Terus inti dari kekenyalan sebuah bakso adalah cara pengolahan, agar-agar juga serta penggunaan tepung itu sangat berpengaruh. Jadi silahkan ikuti aturan saya kalau mau hasilnya bagus.

>>  Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kuah Segar

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Bakso Ayam Bisa Diganti Sapi