ik
Selasa, 12 Juli 2016

Resep Cara Membuat Peyek Kacang Hijau dan Kacang Tanah

Malam para bunda indonesia kali ini saya bikin peyek kacang hijau dan kacang tanah renyah by mak lastri padahal yang lain pada sibuk buat kue kering saya mah sibuk buat orderan ini. Ini menu andalan keluarga saya dan menu andalan bakulan saya padaa saat bulan ramadhan dan menjelang hari raya idul fitri.

Resep Cara Membuat Peyek Kacang Hijau dan Kacang Tanah

Resep Peyek Kacang Hijau

Bahan:
  • 1 kg tepung beras rose brand
Bumbu:
  • 1 bendol bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 220 gram kemiri
  • 1 bungkus ketumbar (desaku)
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Daun jeruk sesuai selera (diiris halus ya)
  • 2 butir telur
  • Minyak saya pakai yang 2 liter
  • Air secukupnya

Untuk isi rempeyek bisa menggunakan kacang tanah atau ikan teri, udang kering atau kacang ijo

Cara Membuat Peyek Kacang Hijau

  1. Haluskan bumbu-bumbunya (saya blender diulek juga bisa).
  2. Siapkan wadah bersih dan kering.
  3. Lalu masukin bumbu halus tadi ke wadah.
  4. Tambahkan tepung beras dan telorr.
  5. Sambil dicicipin ya bun kurang asin atau tidak.
  6. Setelah itu masukin kacang tanah yang sudah dibersihkan (kulitnya nggak saya kupas) atau kacang ijo.
  7. Campur hingga merata.
  8. Panaskan minyak goreng.
  9. Usahakan minyak dalam keadaan banyak dan panas.
  10. Setelah itu masukin adoanan kedalam wajan.
Catatan:
  1. Khusus kacang ijo direndam semalaman.
  2. Fungsinya biar tidak keras.
  3. Cara masukin adonan peyek kedalam wajan jangan langsung ketengah.
  4. Jadi dari pinggir tuangnya sedikit demi sedikit.
  5. Jadi hasilnya peyek itu tipis dan renyah.
  6. Biar nggak keras banyakin kemirinya ya (kira-kira saja).
  7. Simpan di toples yang kedap udara biar nggak cepat melempem.
Coba juga peyek yang gurih ini bun:
 
Airnya dikira-kira saja bun masukinya sedikit-sedikit. Diaduknya pakai tangan bun. Jadi biar tau tingkat kecairanya. Nanti hasil adonanya antaran kental dan encer jadi tengah-tengah nggak ke kentalan dan nggak keenceran. Peyeknya bisa tahan lama asal penyimpananya bun ditaruh di toples yang kedap udara.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Peyek Kacang Hijau dan Kacang Tanah