ik
Kamis, 11 Agustus 2016

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Untuk Jualan di Pasar

Lontong sayur ala dely dimyati bunda juga salah satu dagangan saya, satu porsi 5000an tanpa telur, satu kantong lontong jadi 3 porsi lumayan bun, banyak yang suka buat sarapan pagi, tinggal tambahkan kerupuk merah biar cantik dan menggugah selera. Itu untuk ukuran setengah kg, saya bagi jadi 3 porsi, jadi lumayan juga laba ya kalau pakai telur cuma 8000. Tapi kalau pelanggan minta langsung satu kantong nggak dipotong cuma 10 ribu lengkap kuah, sambal dan kerupuk. Kebetulan pasar di tempat saya baru di renopasi, bisa beli lapak jadi saya buka semacam rumah makan gitu, kebetulan juga pasarnya sampai sore dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore saya dagangnya.

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Untuk Jualan di Pasar

Untuk sayurnya bisa di ganti-ganti misalnya sayur nangkah, labu siam, kacang panjang atau bisa juga kacang buncis. Yang mau resep dan tanya-tanya bisa di komentar yah bun. Saya kadang pakai kacang panjang, nangkah muda, buncis atau labu siam. Saya ganti tiap hari dan di tumis terpisah karena kadang pembeli ada yang nggak bisa makan sayuran, jadi kalau ada yang suka sayur tinggal tambahkan saja beberapa sendok sayurnya.

Resep Lontong

Bahan:
  • 500 gram beras yang keras (beras yang nasinya keras, bukan yang pulen, kalau saya pakai merek G 8 atau beras dari padi IR 46)
  • Kantong plastik ukuran 1/2 kg
Cara Membuat Lontong
  1. Beras dicuci bersih lalu di isi ke kantong plastik jadi 4 buah.
  2. Ikat bagian atasnya lalu di tusuk pakai tusuk gigi secara berbaris berjarak kira-kira 1 cm tiap lubang.
  3. Lalu di rebus dalam air yang sudah mendidih kurang lebih 1 jam.
  4. Angkat dan ratakan diatas kain agar air benar-benar kering.
  5. Untuk porsi banyak di kalikan saja, misalnya 1 kg berarti di jadikan 8 kantong dan merebusnya pun lebih lama kira-kira 3 jam agar tahan sampai 2 hari kalau cuma 1 jam, kurang awet lontongnya.

Resep Sayur Lontong

Bahan:
  • Santan 1 liter (jangan terlalu kental agar tidak eneg)
  • Bawang putih 10 biji
  • Bawang merah 10 biji
  • Kunyit 2 cm
  • Lengkuas 1 ons
  • Jahe 2 cm
  • Katumbar 1 sendok makan
  • Serai 1 batang di keprek
  • Daun salam 3 lembar
  • Penyedap rasa (saya pakai royco 2 shacet kemasan 500, jadi nggak pakai garam lagi)

Cara Membuat Sayur Lontong

  1. Bumbu di giling halus lalu di tumis sampai harum.
  2. Tambahkan santan daun salam dan royco.
  3. Masak sampai mendidih untuk sayurnya, saya tumis kering secara terpisah, caranya ambil bumbu yang sudah di tumis tadi kira-kira 1 sendok makan lalu di dengan sayur kacang labu atau nangkah, tambahkan royko.
Coba pula resep berikut ini bunda:
 

Untuk sambalnya 1 ons cabe merah di giling halus, lalu ditumis tambakan juga roykonya. Kalau yang suka pedas tinggal tambahkan sambel saja, soalnya kadang anak-anak doyan juga sarapan lontong jadi saya bikin juga terpisah.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Lontong Sayur Untuk Jualan di Pasar