ik
Kamis, 06 November 2014

Cara Membuat Tahu Kedelai untuk Jualan

Tahu kedelai jualanku setiap hari bunda. Pilih kedelai yang bagus yah bunda2. Saya bikinnya itu gak pakai obat jadi alami cuma menggunakan asam cuka saja. Nanti akan diajarkan bagaimana cara membuat tahu dengan cara sederhana. Yaitu setelah adonan di masukan kain di lipat kemuadian di tutup lalu atasnya di tekan sama batu yang besar.

Cara Bikin Tahu Kedelai

Bahan
  • Kedelai
  • Asam cuka (misal kedelainya 2 kg asam cukanya 2 ml)
  • Air secukupnya

Cara Mengolah Tahu Kedelai

  1. Cuci kedelai sampai bersih kemudian rendam selama satu malam.
  2. Setelah itu saring kemudian di giling/blender.
  3. Terus di saring baru di rebus sampai mendidih sambil da aduk2 terus setelah mendidih tunggu ± 15 menit sambil di kipas.
  4. Lalu di kasih asam cuka aduk-aduk diamkan 15 menit kemudian di taruh cetakan jangan lupa kasih alas ya bunda menggunakan kain lalu di tekan dengan batu atau benda yang berat tunggu ± 15 menit lalu angkat.

Selengkapnya lihat gambar dibawah ini:

Ini cetakannya yah bunda


Terus d taroh kain


Setelah adonan d masukan kain di lipat kemudian di tutup lalu atasnya di teken sama batu yang besar (bagi yang tidak punya mesin). Kalau ga da cetakan gak pakai cetakan juga bisa bunda kainnya saja di lipat lalu di bentuk segi empat.




 Kalau punya saya tidak di tekan sama batu. Saya pakai mesin jadi lebih mudah. Untuk harga mesin saya kurang tahu ya soalnya yang beli si bos. Tujuan menekan untuk misahin antara ampas sama yang dibuat tahu nya. Dan kenapa pakai kain? Serat kain kan kecil banget jadi penyaringan lebih sempurna.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Cara Membuat Tahu Kedelai untuk Jualan