ik
Kamis, 30 Oktober 2014

Resep Cara Membuat Apem Nasi Tanpa Telur

Membuat apem nasi perdana  ala Linda. Teksturnya menul-menul dan mudah sekali cara membuat apem nasi ini. Saat mengikuti prosedur 1 resep dibawah bisa mendapatkan 40 biji apem nasi. Yang mau resep apem nasi bisa melihat di buat resep ini.


Nasi gak diblender tapi cuma diulek bisa juga yang penting benar-benar lembut. Apem nasi ini tidak menggunakan telur. Kalau mau di kasih santan bisa sebagai pengganti air tapi saya belum mencobanya. Warna asli dari apem nasi adalah merah rose, berhubung saya kasih sdkit aja jadinya soft pink. Rasanya hampir mirip kayak dari tape. Sebaiknya apem nasi sih langsung habis atau 1 hari gitu. Atau kalau mau agak lama di masukan frezer biar awet. Jika mau makan baru di kukus atau panasin lagi.

Resep Apem Nasi

Bahan:
  • 2 gelas nasi dingin, gelas yang saya pakai ukuran 250 ml
  • 2 gelas terigu, yang saya gunakan adalah cakra/bebas merk
  • 2 gelas tepung beras, saya menggunakan cap mawar
  • 1 1/2 gelas gula pasir kalau suka manis bisa di tambah
  • 2 1/2 gelas air
  • 2 sdt ragi instan/fermipan
  • Garam sedikit

Cara Membuat Apem Nasi

  1. Blender nasi dan air sampai halus.
  2. Masukan gula dan blender lagi sampai halus.
  3. Di wadah lain campur terigu, tepung beras dan fermipan sampai rata lalu masukan nasi yang di blender tadi, aduk rata dan tambahkan garam dikit dan biarkan selama 3 jam.
  4. Panaskan pengukus dan tutup pakai kain.
  5. Olesi cetakan dengan minyak goreng lalu tuang adonan, kukus sampai matang.
  6. Warna menurut selera bisa juga menggunakan pasta.
Adonannya penuh di cetakan tapi jangan penuh-penuh juga ya nanti tumpah. Saat matang juga menegembang dengan sendirinya. Kalau kepenuhan malah bisa mutah. Cetakan apa saja bisa digunakan contohnya saja cetakan agar-agar. Ini belum tak cuci cetakan plastik dan bebas, kalau yang ini adalah cetakan apem plastik.


Di kukus kurang lebih 15 menit, adonan agak kental yaa. Bisa di kira-kira saja kalau sudah 10 menit coba di buka udah matang atau belum karena apinya kan beda. Setelah 3 jam bakal mengembang. Di diamkan lama soalnya biar ngembang dan ringan biar gk bantat.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Apem Nasi Tanpa Telur