ik
Senin, 11 Mei 2015

Cara Membuat Choco Brownies

Choco Brownies resep sif oi ini cocok untuk cake (dasar) tart coklat, relatif mudah buatnya, tinggal diaduk sebentar. Proses pembuatan sampai dengan matang tidak lebih dari 30 menit. Pakailah DCC dan choco powder dengan kualitas baik.

Cara Membuat Choco Brownies

Hal kedua yang akan kita bahas pada resep choco brownies kali ini adalah mentega dan jenisnya. Mentega biasa dan asin biasa disebut salted dan unsalted butter istilah aslinya. Mentega asin kalau produk lokal misalnya Blue Band (rasanya sudah cukup asin dibanding merk lain). Tadi saya pakai Anchor salted butter dan royal palmia untuk yang biasa. Pakai 1 macam mentega blue band juga tetap ok, ini kan berpengaruh dirasa saja. Di resep ini terserah mau dipakai mentega atau margarin, terserah selera dan kebutuhan masing-masing.

Resep Choco Brownies

Bahan A :
  • 100 gr mentega biasa
  • 40 gr mentega asin
  • 300 gr coklat pekat atau Dark Cooking Chocolate (saya pakai merk Chefmate)
  • (tim atau lelehkan dengan microwave kemudian dinginkan)
Bahan B :
  • 3 butir telur
  • 125 gr gula castor atau gula halus atau gula pasir butiran halus
  • 1 sdt vanilli essence
Bahan C :
  • 3 sdt coklat bubuk kualitas bagus (saya pakai merk JAVA – Dark atau Pahit)
  • 125 gr tepung terigu serbaguna
  • (campur rata)

Cara Membuat Choco Brownies

  1. Panaskan oven, kocok bahan B sampai rata dengan whisk atau sendok kayu.
  2. Masukan bahan A, aduk rata, terakhir bahan C, masak kurang lebih 2-3 menit.
  3. Tuang dalam loyang sesuai selera (olesi loyang dengan mentega dulu), panggang dan dinginkan.
  4. Oven dengan suhu 175 kurang lebih 20-25 menit sesuaikan oven masing-masing.
Kalau bunda ingin lebih banyak referensi brownies, lihat yuk berikut ini:





Memanggang choco brownies yang penting kenali oven kita dulu. Brownies atau cake lain, tergantung juga ketebalan loyang yang dipakai, oven saya biasanya saya pakai api bawah dulu 175 derajat selama 15-20 menit. Setelah harum semerbak saya beri api atas bawah 5-10 menit sampai dengan permukaan matang sesuai selera saya.

Sebelum adonan dimasukkan ke loyang dioles mentega tipis saja. Saya tadi pakai yang loyang anti lengket soalnya. Ukuran loyang menggunakan 20x20 kalau mau tebal (untuk cake dasar taart) atau loyang khusus brownies yang persegi panjang kalau mau tipis.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Cara Membuat Choco Brownies