ik
Selasa, 28 Oktober 2014

Resep Brownies Ketan Hitam Tidak Amis

Buntik ini kreasiku siang ini brownies ketan hitam. Rasanya WUSA (wuih sedaaap) suamiku suka banget. Brownies ketan hitam tidaklah amis. Jika memang takut amis bisa dikurangi telurnya, 4 butir telur juga bisa. Brownies ketan hitam biasa aku duetkan dengan topping seres, keju parut dan coklat parut. Oles pas kue sudah dngin baru olesi mentega lalu taburkan seres/kejunya. Minyak diganti mentega mungkin bisa bun tapi di lelehkan dulu menteganya dan ukuran menteganya harus 1 gelas juga.

Resep Brownies Ketan Hitam

Brownies ketan hitam ngembang bunda makanya tinggi jadinya. Jika anda membuat brownies ketan hitam dan tidak mengembang mungkin lupa ngasih soda kue/pengembang bun. Gak perlu memakai soda kue sama sp. Cukup gunakan salah 1,keduanya sama-sama pengembang. Aku sendiri menggunakan soda kue soalnya yang ada di rumah ya soda kue.

1 bungkus tepung ketan hitam itu 250 gram, ditempatku harganya 9 ribu per bungkus. Tepung ketan hitam mereknya mahkota, bisa juga menggunakan merk lain. Jika kesulitan cari di toko bahan kue pasti ada. Bilang saja tepung ketan hitam, di mini market yang lengkap juga ada bun.

Resep Brownies Ketan Hitam

Bahan
  • 1 bungkus tepung ketan hitam
  • 1 gelas gula
  • 1 gelas minyak goreng
  • 6 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt soda kue/SP

Cara Membuat Brownies Ketan Hitam

  1. Telur, gula ,garam ,soda kue/SP dikocok sampai rata.
  2. Kemudian tuangkan tepung ketan hitamnya sedikit-sedikit sambil di aduk.
  3. Terakhir campurkan dengan minyak goreng aduk rata lalu di kukus sampai matang, panaskan kukusanny terlebih dahulu ya bunda.
Resep Brownies Ketan Hitam Tidak Amis

Dalam membuat brownies tape ketan hitam aku tidak memakai mixer. Cukup menggunakan sendok nasi aja ngaduknya. Ngukusnyapun di magic com, gampangkan bunda. Saat mengisi adonan di loyang itu jangan penuh-penuh, setengah saja biar ada jarak kue untuk mengembang. Loyang yang digunakan untuk mengukus brownies ketan hitam cukup ukuran sedang aja kok bunda yang cukup di kukus di magic com. Sebelum di tutup alasi dulu pakai lap baru di tutup. Bisa juga dicetak menggunakan cetakan plastik tapi agak lama ya ngukusnya soalny cetakan plastik lama matangnya.

Cara ngukusnya dalaman magic com kasih air 1 gayung tunggu mendidih kemudian letakkan dandang putih yang bolong-bolong bawaan dari magic com itu kemudian taruh loyang di atasnya dilanjutkan dengan menutup tapi batasi tutup magic com dengan lap. Bagus lagi jika ngukusnya dengan dandang, berhubung aku gak ada dandang jadi aku gunain magicom saja, eh ternyata jadinya cantik juga. Coba juga Brownies Kukus Coklat Kukus Toping Keju atau Brownies Tanpa Telur.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Brownies Ketan Hitam Tidak Amis