ik
Selasa, 21 Oktober 2014

Resep Cara Membuat Puding Telur Ceplok Santan

Puding telur ceplok tanpa SKM (Susu Kental Manis). Nah puding telur ceplok difoto ada sekitar 15 biji tapi sebenarnya bisa jadi lebih soalnya belum yang dikulkas dan kena comotan anakku tadi. Saya menggunakan agar-agar tanpa warna mbak. Biasanya merk swallow atau walet. Rasa dari puding ini makyus bun. Cocok sekali dimakan sambil bersantai minum teh hangat. Apalagi cara membuat puding telur ceplok cukup mudah. Hampir semua puding sangat gampag buatnya termasuk puding telur ceplok. Jika ingin tahu bagaimana cara membuat puding telur ceplok, yuk dilihat prosesnya. Resep puding telur ceplok ini kreatifitas dari bunda Nike Harahap.

Resep Puding Telur Ceplok

Bahan kuning:
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 3 1/2 gelas air
  • 1/2 gelas gula putih
  • 2 bungkus nutrisari, agar warna cantik dan gak perlu pakai pewarna
  • 1 bungkus nutrijel rasa jeruk
Bahan putih:
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 2 1/2 gelas santan/susu kental manis, saya menggunakan santan
  • 1/2 gelas gula pasir

Cara Membuat Puding Telur Ceplok

Resep Cara Membuat Puding Telur


Masak bahan kuning sampai mendidih, tunggu hingga hangat dan tuang kedalam cetakan kue talam. Sembari bahan kuning dingin, masak bahan putih sampai mendidih.

Resep Cara Membuat Puding Telur Ceplok Santan

Keluarkan bahan kuning dari cetakan dan masukkan kedalam mika bulat (buat telungkup)

Resep Membuat Puding Telur Ceplok

Tuang bahan putih/timpa (usahakan hangat2 kuku) dengan pelan-pelan dan jangan sampai bahan kuning tenggelam.
Masukkan ke dalam kulkas dan siap dinikmati. Selesai.


Banyak orang kalau bikin agar menggunakan santan warna santannya akan naik dan pisah dengan agar-agar. Buktinya saya buat puding telur ceplok menggunakan santan warna bagus dan tidak misah. Asalkan jangan pecah santannya mbak.

Ada perbedaannya lo menggunakan SKM atau santan. Kalau saya enakan yang santan karena lebih gurih. Lagian kami sekeluarga tidak suka skm. Tetap putih dan rasanya lebih gurih gak enek bagi yang gak suka skm. Kalau mau agak kental cukup 2 gelas santannya.  Dulu pernah buat pakai skm tapi tidak dimakan. Cuma kuningnya aja yang dimakan.

Adapun puding yang lagi ngetrend yaitu:


Ada  sedikit supaya kuningnya tidak tenggelam, tipsnya adalah pas nuang yang putih jangan sampai tenggelam. Bila perlu nuangnya pakai sendok biar rapi. Terus kuningnya dulu yang diletakkan ke dalam mika, baru putihnya. Sisakan sedikit pas batas bahan kuningnya. Sekian resep puding telur ceplok, semoga dapat membantu mempermudah dalam membuat puding.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Puding Telur Ceplok Santan