ik
Rabu, 19 November 2014

Cara Membuat Cilok Kenyal

Cilok dengan resep baru yang dijamin empuk tapi kenyal. No keras dan kalo digigit gak ngelawan. Didiemin lumayan lama juga tidak keras tetep empuk. Tapi kalau mau anget dikukus sebentar. Yang mau resep cilok ala Vita Chan lihat dibawah (kegeeran amat yak Hehe).
 
 
Komposisinya sebenernya sama kayak resep cilok yang lain bun. Cuma ngadonnya yang kudu urutannya pas. Saya pakai perbandingan 1:1. Jika mau diisi ebi kering atau suir ayam juga bisa. Pas dibentuk tambahin isian ditengahnya. Bulatin terus rebus.

Resep Cilok

Bhan:
  • 125 gr terigu
  • 125 gr tapioka
  • (Beli di warung 1/4 saya bagi 2)
  • Seasoning/bumbu saya pakai garam lada masako secukupnya
  • Air panas secukupnya
  • Bumbu kacang saya pakai bumbu pecel tapi dibkin rada encer ditambah ulekan bamer, baput dan garam

Cara Membuat Cilok

  1. Terigu dan seasoning dicampur dulu.
  2. Tambahin air panas dikit2 sampai basah saja jangan keenceran. Baru masukan tapiokanya aduk rata. Aduknya jangan terlalu kuat karena semakin kuat ngaduknya akan bikin cilok semakin keras. Jangan diuleni juga. Aduk sampai kira2 rata. Jika menurut anda kurang air. Silahkan tambahkan air panas. Ingat jangan terlalu encer juga karena nanti gak bisa dibentuk.
  3. Masukan adonan yang sudah dibentuk dalam air panas mendidih. Tunggu sampai ngambang, angkat.
  4. Kalau malas ngerebusnya bisa juga langsung digoreng dan insyaalloh gak pakai meleduk.
bagi yang sangat suka dengan cilok bisa lihat resep lainnya dibawah ini, kali aja lebih cocok dengan gaya masak anda:


 
Nah sudah jadi cilonya dan dijamin chewy banget. Dan awet empuknya kerena saya bikin siang. Baru dimakan juga masih enak, cuma kalau anget2 kan cocok sama udara dingin. Resep cilok saya sudah coba macem2 cara dan ini yang menurut saya pass digigi.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Cilok Kenyal