ik
Selasa, 25 November 2014

Resep Cara Membuat Martabak Manis Tanpa Ragi

Martabak manis tanpa ragi dan tanpa SP. Simple tapi tetep bersarang banyak dan mengembang. Dihitung-hitung untungnya tukang martabak manis banyak banget ya apalagi pakai topping nutella dan toblerone. Padahal bahannya murah banget, modal teflon doang. Tapi kalau teflon lebih tebal lebih bagus. Yuk lihat bagaimana proses Resep Martabak Manis Tanpa Ragi by jobaby rental dibuat.

Resep Martabak Manis

Bahan
  • 250 terigu segitiga biru
  • 30 gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 telur suhu ruang
  • 350 ml air dingin
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt baking powder double acting

Cara Membuat Martabak Manis

  1. Campur bahan kering, air dan telor kecuali soda kue dan baking powder.
  2. Lalu mixer 15 menit.
  3. Diamkan 1 jam tutup serbet.
  4. Kalau mau dimasak, baru tambah baking powder dan soda kue yang dilarutkan sedikit air. Jika pengen lebih berongga takaran soda kue bisa dilebihkan.
  5. Panaskan pan, tuang adonan tunggu sampai pori-pori dan rongga bermunculan. Taburi gula pasir, tutup pan dan tunggu sampai permukaan martabak kering dan matang. Dengan api kecil ya, jangan sampai gosong.
  6. Saat sudah matang, pindahkan martabak ke talenan. Oles butter, beri topping favorit kayak coklat/keju/durian dll dan susu kental manis. Practice make perfect..
Ini baking powder double acting yang biasa saya gunakan. Lebih higienis kalau dikaleng bun, harganya 10 ribu lumayan banyak. Tapi pakai yang biasa gak apa-apa, yang penting soda kuenya.



Di http://buatresep.blogspot.com/  ada banyak bun resep martabak dari mulai yang manis dengan ukuran besar sampai kecil. Martabak telur juga ada lo. Yang pasti lengkap banget dech. Ini ya bun saya kasih contohnya:





Membuat martabak manis gulanya untuk adonan emang 30 gr aja bun karena setelah rongganya keluar ditaburi gula lagi. Jadi biar gak kemanisan, masalahnya stelah diberi topping kan masih dikasih susu kental manis. Apalagi fungsi soda kue dan baking powder emang untuk memunculkan rongga, gelembung khasnya martabak. Umpama martabak manis gak pakai sama saja kayak bikin pancake bantet. Bye sekian dan dulu dan selamat mencoba Resep Cara Membuat Martabak Manis Tanpa Ragi.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Martabak Manis Tanpa Ragi